h1

Peranan Bahasa Indonesia Dalam Konsep Ilmiah

Oktober 27, 2009

Fungsi utama bahasa adalah sebagai alat komunikasi, atau sarana untuk menyampaikan informasi. Tetapi, bahasa pada dasarnya lebih dari sekadar alat untuk menyampaikan informasi. peranannya sangatlah penting untuk penulisan sebuah ilmiah mulai dari ejaan yang disempurnakan, pemakaian huruf, pemakaian huruf capital dan huruf miring,penulisan kata, penulisan unsur serapan, pemakaian tanda baca dan lain lain.

Bahasa Indonesia adalah bahasa yang sering kita pergunakan dalam kehidupan sehari – hari. Namun peranan Bahasa Indonesia dalam konsep ilmiah harus melalui metode – metode tertentu dan sesuai dengan unsur – unsur bahasa yang berlaku. Selain memperhatikan unsur bahasa dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar. kita juga harus memilih kata yang tepat untuk menyatakan sesuatu. Kata yang tepat akan membantu seseorang mengungkapkan dengan tepat apa yang ingin disampaikannya, baik lisan maupun tulisan. Bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah sebuah hal yang sangatlah penting untuk dipahami, dimengerti, dan digunakan dalam penulisan kosep ilmiah.

Karya ilmiah adalah tulisan-tulisan yang berisikan tentang catatan ilmu pengetahuan yang disusun atas dasar menggali pegetahuan-pengatahuan lebih dalam. dan dalam menulis karya ilmiah peranan Bahasa Indonesia sangat penting untuk tercapainya karya ilmiah yang baik dan benar. Dalam menulis karya ilmiah dibutuhkan bahasa yang baik dan benar karena Jika sebuah karya ilmiah menggunakan bahasa yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, ditakutkan akan terjadi pengartian yang berbeda pada tiap-tiap orang. Untuk mengantisipasi hal tersebut dibutuhkan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang berlaku. Ciri-ciri bahasa keilmuan adalah kemampuaannya untuk membedakan gagasan atau pengertian yang memang berbeda dan strukturnya yang baku dan cermat. Jika penggunaan bahasa Indonesia yang benar tersebut telah dapat diterapkan dalam konsep ilmiah maka, konsep ilmiah itu dapat menghindar dari kesalahan penalaran oleh pembaca, kerancuan dan pemborosan kata atau kalimat, sehingga gagasan yang ingin disampaikan oleh penulis dapat tersampaikan dengan baik dan jelas.

Jadi berdasarkan penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa Bahasa Indonesia sangat berperan dalam konsep ilmiah terutama dalam pembuatan tulisan ilmiah.

 

 

Nur Rochman

17108340

3KA17

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: