h1

Pelapisan Sosial masyarakat di desa dan di kota

Maret 3, 2010

Dalam kehidupan sehari-hari sering kita amati adanya perbedaan status  dan peranan antar warga, baik di lingkungan keluarga atau pun masyarakat. Dalam lingkungan masyarakat yang lebih luas perbedaan tersebut mencakup berbagai aspek kehidupan, misalnya ada orang kaya dan ada orang miskin, ada orang yang berkuasa dan ada orang tidak berkuasa, serta ada orang yang dihormati dan ada orang yang tidak di hormati.

Gejala di atas menunjukan adanya perbedaan- perbedaan bertingkat dalam masyarakat. Perbedaan bertingkat tersebut dinamakan pelapisan sosial. Pelapisan sosial bersifat umum atau universal artinya selalu di temukan pada setiap kelompok sosial, baik pada masyarakat tradisional maupun masyarakat modern.

Ada beberapa pendapat pakar tentang pelapisan sosial salah satunya adalah Plato, seorang filsuf (pemikir) yunani, mengatakan bahwa masyarakat negara dapat dibedakan menjadi tiga golongan yakni filsuf sebagai pemimpin negara, prajurit sebagai penjamin terlaksana hukum negara, dan rakyat (petani) sebagai warga negara.

Adanya perbedaan dalam masyarakat juga di temukan pada murid plato yaitu aristoteles. Ia mengatakan bahwa masyarakat dapat dibedakan menjadi 3 golongan yaitu mereka yang kaya sekali, yang melarat dan yang ada diantara keduanya. Pendapat kedua pemikir tersebut mengisaratkan bahwa pada zaman kuno, manusia telah mengenal adanya pelapisan-pelapisan dalam masyarakat dalam wujud perbedaan golongan. Jadi pelapisan sosial itu adalah perbedaan masyarakat ke dalam kelas-kelas secara vertikal, yang diwujudkan  dengan adanya tingkatan masyarakat dari yang tinggi sampai ke yang lebih rendah.

Pelapisan sosial sudah dikenal sejak manusia menjalin kehidupan bersama. Bagaimanapun wujudnya, kehidupan bersama sudah tentu membutuhkan penataan atau organisasi. Dalam rangka penataan masyarakat inilah terbentuk pelapisan sosial. Pada masyarakat yang taraf kebudayaannya relatif rendah maka pelapisan sosial amat terbatas sifatnya. Dalam masyarakat mentawai misalnya, belum ada perbedaan status yang tegas antara warga masyarakat yang satu dengan yang lain. Setiap warga masyarakat menjalani cara hidup yang sama dan statis, yakni berkebun dan berburu. Akibatnya pelapisan sosial hanya terbatas pada penentuan pemimpin dan pihak yang di pimpin.

Dalam masyarakat kota, cara hidup sudah mulai dinamis dan majemuk dibandingkan di desa. Bagi masyarakat kota yang relatif modern, pembagian peran atau status dilingkungan kota sudah semakin tegas dan rinci. Misalny aada karyawan, manager perusahaan, guru, pengacara, hakim, polisi, pedagang dan profesi lainnya. Masing-masing warga masyarakat memiliki profesinya sendiri-sendiri. Akibatnya pelapisan sosial di kota pun semakin beraneka ragam.

Apabila kita membandingkan kehidupan masyarakat tradisional dan modern, kita akan memperoleh kesimpulan sebagai berikut.

–          Pelapisan sosial dalam masyarakat mula-mula didasarkan pada perbedaan-perbedaan tertentu yang menyangkut status diri atau turunan, misalnya atara pemimpin dan rakyat, kalangan terhormat dan jelata, serta golongan bangsawan dan rakyat biasa

–          Seiring dengan perkembangan masyarakat yang semakin majemuk, pelapisan sosial kemudian didasarkan juga pada pekerjaan yang digeluti (profesi) atau bahkan kekayaan yang dimiliki.

–          Perkembangan masyarakat yang terus berlanjut itu membuat dasar pelapisan sosial semakin beragam juga. Misalnya ada perbedaan berdasarkan aspek intelektual (golongan terpelajar dan bukan terpelajar), politik ( pemerintahan dan rakyat), dan ekonomi (majikan dan pegawai)

Nama : Nur Rochman

Npm : 17108340

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: